Kamis, 30 Agustus 2018

Pengertian Report Text, Tujuan, Ciri, & Generic Structure


Pengertian Report Text, Tujuan, Ciri, & Generic Structure – Dalam kehidupan sehari – hari kita sering menemukan hal – hal umum yang dapat kita ceritakan kepada orang lain, misalkan bercerita mengenai hewan, tempat, bangunan, dan sebagainya. seringkali kita menceritakan hal tersebut dengan menyebutkan hal – hal umum yang dimiliki. Sebagai contoh, kita menceritakan mengenai pasar tradisional kepada seseorang. Pasti kita akan menyebutkan hal – hal umum yang ada di pasar tradisional, seperti berjualan masih dengan sistem tawar – menawar, tempatnya yang masih sederhana, dan lain – lain. Cerita tersebut jika ditulis akan menjadi sebuah teks dalam Bahasa Inggris yang disebut dengan ‘Report Text’. Lalu apakah Report Text itu? Berikut adalah pengertian, ciri – ciri, dan generic structure dari Report Text.

Pengertian Report Text

Sebelum membahas mengenai pengertian report text, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan report. Report dalam Cambridge Advanced Learner’s Dictionary memiliki arti to give a description of something or information about it to someone, yang berarti Report adalah kegiatan memberikan gambaran akan sesuatu atau informasi menegnai hal tersebut kepada seseorang. Sedangkan text atau ‘teks’ memiliki arti tulisan. Jadi, Report Text is a text which presents the information of something based on the scientific analyses or observations. The information of something observed or analysed is very general. Artinya, Report Text merupakan sebuah teks yang memberikan informasi mengenai sesuatu berdasarkan pengamatan atau analisis ilmiah. Informasi dari sesuatu yang dianalisis atau yang diobservasi merupakan informasi yang bersifat sangat umum.

Perbedaan Report Text dan Descriptive Text

Pada dasarnya terdapat kesamaan antara Report Text dan Descriptive Text, yaitu kedua jenis teks tersebut sama – sama menggambarkan sesuatu. Akan tetapi, terdapat perbedaan dari kedua jenis teks tersebut dan perbedaan tersebut dapat dengan mudah dikenali dengan cara sebagai berikut:
1. Membedakan antara penjelasan umum atau khusus
Ini merupakan cara paling mudah untuk membedakan antara Report Text dan Descriptive Text. Report Text biasanya berisikan penjelasan – penjelasan umum akan suatu hal, sedangkan Descriptive Text berisikan penjelasan – penjelasan khusus akan sesuatu yang digambarkan.
Sebagai contoh, jika Anda membuat teks dengan judul My Cat (kucing saya), maka penjelasan yang Anda jelaskan pada teks tersebut merupakan penjelasan khusus dan teks tersebut merupakan Descriptive Text karena Anda menjelaskan segala sesuatu yang berhubungan dengan kucing Anda saja, seperti apa makanannya, apa kesukaannya, atau perawatan apa yang Anda lakukan untuk kucing Anda. Akan tetapi, berbeda dengan Report Text. Jika Anda membuat Report Text, maka Anda akan menjelaskan kucing (cat) secara umum, contohnya Anda menjelaskan ciri – ciri tubuh kucing secara umum, bagaimana pertahanan dirinya, cara kucing berkembang biak, dan sebagainya. Jadi, penjelasan Anda mengenai kucing dalam report Text tidaklah hanya untuk kucing jenis tertentu aja, melainkan untuk semua jenis kucing karena Anda menggambarkan kucing secara umum.
2. Penggambaran sesuatu tersebut merupakan hasil observasi ilmiah atau tidak
Report Text biasanya menggambarkan sesuatu berdasarkan hasil suatu observasi secaa ilmiah. Oleh karena itu, dalam Report Text biasanya terdapat data atau penjelasan mengenai hasil observasi terhadap objek atau sesuatu yang sedang digambarkan tersebut.

Tujuan Report Text (The Purpose of Report Text)

Dilihat dari pengertiannya, tujuan Report Text sudah dapat dilihat. Tujuan dari Report Text yaitu presenting the information about something which describes class of things, whether natural or made: mammals, planets, plants, rocks, culture, countries of region, transportation, and so on. Artinya, tujuan dari jenis teks ini adalah memberikan informasi mengenai sesuatu yang menggambarkan klasifikasi benda, baik secara alami maupun buatan: hewan mamalia, planet, tumbuhan, bebatuan, budaya, negara berdasarkan agamanya, transportasi, dan lain sebagainya.

Struktur Kebahasaan Report Text (Generic Structure of Report Text)

Report Text memiliki struktur kebahasaan (Generic Structure) yang berbeda dari Descriptive Text, yaitu sebagai berikut:
1. General Classification
Bagian ini merupakan bagian awal yang biasanya terletak di paragraf awal. Bagian ini memberikan penjelasan umum mengenai sesuatu yang akan digambarkan. Penjelasan tersebut dapat berupa jenis atau klasifikasi dan pengertian objek yang akan digambarkan secara umum.
2. Description
Bagian ini merupakan bagian lanjutan dari General Classification yang berisikan penjelasan lebih lanjut dan detail. Bagian ini pada umumnya berisi penjelasan mengenai bagian atau ciri – ciri, kualitas, kebiasaan, atau perilaku dari sesuatu yang akan digambarkan. Intinya, bagian ini merupakan penjabaran dari sesuatu tersebut secara ilmiah.

Ciri Kebahasaan Report Text (Language Feature of Report Text)

Report Text memiliki beberapa ciri kebahasaan (langauge features) sebagai berikut:
1. Menggunakan kata benda umum (general nouns), seperti historical buldings daripada menggunakan kata benda khusus (particular nouns), seperti Candi Brorobudur.
2. Menggunakan kata kerja penghubung (relating verbs / linking verbs), seperti are, is, seems, looks, dan sebagainya.
3. Menggunakan Simple Present Tense
4. Menggunakan tehnical terms, seperti kata Isobars, cyclones, density, dan sebagainya
Cat
Cats or as we usually called it as the domestic cat are four-legged carnivorous mammal. Their latin name is Felis catusor Felis silvestris catus. The domestication of cats is believed to have started since ancient Egypt 9,500 years ago. Since that, cats have become humans companion. Nowadays it is the most popular pet in the world and also the second most popular pet in the US and they are often called as the house cats. It is believed that there are more than 70 catbreeds now in the world.
Most cats are furry, only some of them such as Sphynx cat born with less fur on their body. Some cats have a long tail and some others have a short tail. It also has a very flexible body and sharp claws which can be retracted. Usually cats can grow up to 4 to 5 kg in weight and 23 to 25 cm in length, but sometimes it can be smaller or grow even bigger. Their eyes allow them to see in the dark and their ears allow them to hear sound with a high frequency that human could not hear. They are a good solitary hunters who have a really good sense of smell. There are various colors of cats in the world such as white, brown, grey, black, stripes and even multi color. They are a social species and they can make various sound such as mewing, purring, hissing and growling.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar