Rabu, 29 Agustus 2018

Contoh Teks Deskripsi beserta Strukturnya (tentang Sekolah,Hewan,Tumbuhan,Alam,dan Benda)


Contoh Teks Deskripsi- Halo sobat Pintar, kali ini kita akan membahas sebuah materi pembelajaran bahasa indonesia yaitu tentang Teks Deskripsi. Adapun yang akan kita bahas adalah Pengertian,struktur, dan contoh teks deskripsi. Mari kita simak pembahasannya dibawah ini. Semoga bermanfaat dan dapat membantu.
Pengertian Teks Deskripsi
       Teks deskripsi adalah ebuah paragraf dimana gagasan utamanya di ampaikan dengan cara menggambarkan secara jelas objek, tempat, atau peritiwa yang sedang menjadi topik kepada pembaca.

Struktur Teks Deskripsi
      Sama seperti teks lainnya, teks deskripsi memiliki struktur untuk melengkapi isi dari sebuah teks. Struktur teks deskripsi adalah struktur teks yang meliputi : identifikasi,klasifikasi,dan deskripsi bagian..

Identifikasi : Berisi ciri penentu atau penetap identitas seseorang,benda,atau sebagainya.
Klasifikasi : Berisi penyusunan bersistem dalam kelompok atau golongan menurut kaidah atau standar yang ditetapkan.
Deskripsi bagian:bagian teks yang berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

Contoh Teks Deskripsi
Sebagaimana yang telah kita singgung diawal, berikut ini adalah contoh teks deskripsi singkat, beserta strukturnya :

Contoh 1
Contoh Teks Deskripsi beserta Strukturnya tentang Sekolah
Identifikasi
           Sekolah merupakan tempat untuk menuntut ilmu yang dimana terdapat siswa dan guru. Sekolah dibagi menjadi dua yaitu Sekolah Negeri dan Sekolah Swasta. Sekolah Negeri merupakan Sekolah yang dibangun dan dibiayai oleh pemerintah. Sedangkan Sekolah Swasta adalah sekolah yang biasanya dimiliki oleh yayasan atau perorangan. Tujuan dari adanya sekolah itu sendiri untuk mengajarkan siswa baik itu tentang pengetahuan maupun untuk belajar cara bersikap sopan di dalam hidup bermasyarakat. Manfaat adanya Sekolah sendiri dapat dilihat dari banyaknya siswa yang memiliki prestasi yang baik dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Karena dengan tidak adanya Sekolah seseorang belum tentu akan mendapatkan pekerjaan yang mereka inginkan karena banyaknya prasarat untuk mendapatkan pekerjaan yang baik.

Klasifikasi

Di dalam Sekolah Negeri maupun sekolah swasta memiliki persamaan kelengkapan yang ada di dalam sekolah seperti Perpustakaan, Lab Komputer, Uks, Lab Bahasa dan sebagainya. Kelengkapan di dalam ruangan yang ada di dalam sekolah juga tidak memiliki banyak perbedaan contohnya di dalam kelas terdapat meja dan kursi. Perbedaan yang ada di ruang kelas seperti fasilitas seperti, Ac, Kipas Angin, Speaker itupun hanya bisa di dapatkan di Sekolah yang memang terkenal memiliki fasilitas yang baik. Sedangkan fasilitas di luar ruangan dapat dilihat dari kelengkapan fasilitas olah raga yang dimiliki.   Selain Sekolah yang memiliki fasilitas yang baik tidak menutup kemungkinan juga banyak sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang memadai. Biasanya Sekolah yang kurang memiliki fasilitas yang baik terdapat di wilayah pedalaman.

             Seorang siswa yang menduduki bangku sekolah memiliki perbedaan yang cukup jauh dibandingkan seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah. Karena manfaat yang di berikan dari adanya Sekolah sendiri adalah untuk mencerdaskan siswa dalam hal pelajaran maupun cara berperilaku yang baik. Karena seseorang yang tidak menduduki bangku sekolah dirasa kurang memiliki pemahaman yang tepat mengenai cara belajar yang baik karena kurangnya dorongan dari seseorang yang memang memiliki pengetahuan yang lebih dalam suatu bidang.

Deskripsi
           Selain adanya fasilitas yang ada di dalam Sekolah Akreditasi yang ada pada sekolah jugalah penting. Karena Akreditasi menentukan baik tidaknya sekolah itu dalam segala aspek. Baik dalam prestasi maupun fasilitas. Akreditasi yang ada pada sekolah juga diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pemilihan siswa dalam sebuah Sekolah. Misalnya siswa yang ingin mendaftar di perguruan tinggi terlebih dahulu di pertimbangkan dari mana asal Sekolah siswa tersebut dan predikat dari akreditasi yang dimilikinya.

Contoh 2
Contoh Teks Deskripsi  beserta Strukturnya tentang Tumbuhan Laut
Defini Umum:

Tumbuhan laut adalah Tumbuhan yang hidup di dasar laut.  Tumbuhan atau rumput laut merupakan salah satu sumber daya hayati yang terdapat di wilayah pesisir dan laut. Istilah "rumput laut" adalah rancu secara botani karena dipakai untuk dua kelompok "tumbuhan" yang berbeda

Deskripsi Bagian:

Tumbuhan Laut sangat banyak jenisnya ada Rumput laut, Rumput laut, alga, anemon laut, ganggang laut, bunga karang dan lainnya.

Deskripsi manfaat:

Tumbuhan laut memiliki sangat banyak manfaat, yaitu bahan untuk hiasan rumah tangga, obat-obatan, bahan untuk ilmu pengetahuan ,indikator biologi untuk mengetahui degradasi lingkungan,obat kulit , mata,membantu menahan erosi, mengurangi bahaya banjir, dan mampu menyerap air pada musim kemarau

Contoh 3
Contoh Teks Deskripsi beserta Strukturnya tentang Alam Indonesia 

Gunung Bromo

Identifikasi

          Gunung Bromo adalah sebuah gunung indah yang terletak di Jawa timur,  serta masuk ke dalam Taman Nasional Bromo tengger Semeru. Kawasan gunung ini memiliki sebuah keunikan tersendiri dimana di ketinggian 2392 meter di atas permukaan laut, akan  terdapat bentangan pasir yang sangat luas sekitar 5.250 hektar. Disini paran pengunjung bisa menikmati pemandangan dengan cara menaiki kuda. Hal lain yang tidak dapat di lewatkan adalah menikmati sunrise di Gunung Bromo, dari puncak Gunung Penanjakan yang berada di ketinggian 2.770 meter.

Klasifikasi

           Pemandangan alamnya saat sunsrise sangat menakjubkan, matahari yang perlahan mulai naik di iringi latar gunung semeru yang gagah mengeluarkan asap dari kejauhan akan memaparkan pemandangan indah yang sulit untuk di lukiskan sehingga pada saat seperti itu sangat di sayang kan jiika tidak di abadikan dengan momen berharga berupa memotret.

Gunung Bromo ini dihuni oleh masyarakat asli suku Tengger. Masyarakat asli Tengger ini meyakini bahwa Gunung Bromo adalah sebuah gunung tempat dimana seorang pangeran mengorbankan hidup demi sebuah keluarganya. Masyarakat pun rutin melakukan festival Yadnya Kasada atau Kasodo. Maka waktu yang tepat untuk berkunjung ke Gunung Bromo adalah saat bulan Kasada atau biasanya di bulan Septermber-November.

Di bulan Kasada ini akan dapat di saksikan festival Kasada yakni sebuah upacara tahunan suku asli Tengger yang datang ke Bromo untuk melemparkan sajen yang berupa Sayuran, ayam, uang ke dalam kawah gunung berapi sebagai wujud rasa bersyukur dan di persembahkan kepada Dewa. Tiap prosesi dari Upacara ini sangat menarik wisatawan sehingga saat upacara kasada Bromo semakin banyak di kunjungi oleh pendatang.


Menurut kisah Gunung Bromo ini berasal dari kata Brahma yaknki salah seorang Dewa agama Hindu. Sebagai sebuah gunung yang besar dan indah, Bromo masih termasuk ke dalam golongan  gunung api yang masih aktif, walaupun Gunung Bromo tidak sebesar gunung api lainnya yang ada di Indonesia tetapi pemandangan alam dan suasaan gunungnya membuat gunung ini sangat pantas untuk di sambangi.  Sehingga para wisatawan tidak jera untuk berkunjung dan berkunjung lagi menikmati keindahan alam Gunung Bromo. Alhasil Bromo pun menjadi salah satu tujuan wisata yang terkenal di Indonesia dan menjadi  ikon wisata Jawa Timur.

Deskripsi
Untuk sampai ke Gunung Bromo, maka pengunjung bisa menempuh perjalanan terlebih dahulu ke Kota malang. Karena kota malang merupakan sebuah kota yang cukup besar maka untuk menuju kota ini bisa di tempuh dengan berbagai ragam transfortasi. Dari mulai kendaraan pribadi, Bus, kereta maupun melalui pesawat. kendaraan Jeep atau land rover 4×4 adalah kendaraan umum yang di gunakan di kawasan Bromo. Memang harganya lumayan mahal tetapi semua akan terasa lebih ringan jika di tempouh dengan rombongan.

Contoh 4
Contoh Teks Deskripsi beserta Struktur tentang Hewan

 KELINCIKU

Identifikasi
          Aku memiliki seekor kelinci betina, yang aku beri nama lucy. Lucy adalah kelinci persia yang diberikan oleh  ayahku karena aku mendapat ranking satu dikelas. Beserta kandang, makanannya ayah memberikanku kelinci ini dan ayah menyuruhku untuk merawatnya dengan baik.

Klasifikasi
       Lucy kelinciku ini memiliki bulu berwarna putih yang halus dan wangi sekali. kupingnya sangat panjang sekitar 30 cm panjangnya. berat badanya 60 gram dengan panjang tubuh sekitar 50cm. lucy memiliki mata biru kehijau hijauaan yang bersih dan sangat indah.

 Lucy suka memakan sayur sayurnya dan tentu saja makanan kesukaannya adalah wortel. Saat tiba jam makannya dia akan selalu tepat waktu, mendekatiku dan menggeliat liat di kakiku.

Deskripsi

       Walaupun lucy adalah seekor kelinci betina dia kelinci yang sangat aktif. dia selalu bermain bersamaku saat ku pulang sekolah, dia selalu menghampiriku dan melompat melompat artinya dia ingin bermain bermain bersamaku. Kami selalu bermain di bawah pohon didepan rumahku bermain bersama di bawah pohon bersama hewan peliharaan itu menyenangkan. Aku sangat senang ayah memberiku hadiah kelinci, aku jadi tidak bosan dirumah terus.

Kitty

Identifikasi
 Aku mempunyai seekor kucing bernama Kitty, dia berwarna putih dan berbintik hitam pekat dengan mata yang sangat putih. Mempunyai ekor panjang dan bulu yang halus.

Deskripsi
Kitty sering bermain dengan bermain bola maupun dengan sinar laser yang saya arahkan pada tembok, suka memakan ikan dan nasi. Kitty selalu menjaga kebersihan dengan pipis di tempat yang sudah disediakan.

Contoh 5
Contoh Teks Deskripsi beserta Struktur tentang Benda
Meja

Identifikasi

Satu meja panjang persegi dengan motif bunga hewan dan tumbuhan dan di dominasi warna coklat diletakkan di lingkaran tengah deretan kursi. Meja tersebut berada di atas karpet mewah berwarna merah.

Deskripsi
Bagian atas meja terbuat dari kaca sedangkan kakinya terbuat dari kayu jati yang sangat kokoh. Sehingga membuat meja ini sangat elegan dan modern.


Contoh 6
Contoh Teks Deskripsi beserta Struktur tentang Tumbuhan
Teratai

Identifikasi
    Ia adalah sekelompok dalam marga Plumeria. Bentuknya berupa pohon kecil dengan daun jarang namun tebal. Bunganya yang harum sangat khas, dengan mahkota berwarna putih hingga merah keunguan, biasanya lima helai.

Deskripsi
  Bunga dengan empat atau enam helai mahkota bunga oleh masyarakat tertentu dianggap memiliki kekuatan gaib. Ia berasal dari Amerika Tengah. sekarang ia merupakan pohon yang sangat populer di Pulau Bali karena ditanam di hampir setiap pura serta sudut kampung, dan memiliki fungsi penting dalam kebudayaan setempat. Di beberapa tempat di Nusantara, termasuk.


19 komentar:

  1. Terima kasih atas bantuan nya ya
    Kami sangat terbantu sekali

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas bantuanya

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas bantuanya

    BalasHapus
  4. Terimakasih ini sangat membantu

    BalasHapus
  5. Saya sangat terbantu, terimakasih banyak 🙂

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Terimakasi atas bantuannya the best

    BalasHapus
  8. Kaidah dalam bahasa teks deskripsi contoh 2 tentang tumbuhan laut ap kaidahnya

    BalasHapus
  9. Tambahin lagi yang tentang tempat wisata

    BalasHapus