Kamis, 30 Agustus 2018

Pengertian Narrative text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya


Dalam Bahasa Inggris kita mengenal beberapa jenis teks yang sering kita temui pada sesi membaca/reading. Nah, untuk mem-flash back ingatan kalian tentang jenis-jenis teks dalam Bahasa Inggris, yuk dibaca lagi artikel kami sebelumnya yang berjudul “Jenis Text dalam Bahasa Inggris” yang akan berhubungan dengan topik artikel kali ini yang lebih spesifik yaitu “Pengertian Narrative text dalam bahasa inggris beserta contohnya”.
Definisi/fungsi, struktur teks, dan juga unsur kebahasaan dari narrative text akan dibahas lebih lanjut di artikel ini. Selain itu, kami juga akan memberikan satu contoh narrative teks yang bisa dibaca nantinya. Nah bagi yang belum tahu atau masih bingung dengan narrative text, simak baik-baik ya artikel English Cafe Bali kali ini tentang pengertian narrative text dalam Bahasa Inggris beserta contohnya. Siapa tahu nih nantinya kalian menemukan bacaan tentang narrative text pada reading test.
A. Definisi dan fungsi narrative text.
Narrative text adalah suatu jenis teks yang berupa cerita khayalan, kisah nyata yang direkayasa, atau dongeng. Narrative text menceritakan suatu cerita yang memiliki rangkaian peristiwa kronologis yang saling terhubung. Tujuan dari narrative text adalah untuk menghibur pembacanya.
B. Struktur teks (generic structure).
Adapun struktur dari narrative text adalah sebagai berikut:
  • Orientation: pendahuluan atau pembuka yang berupa pengenalan tokoh, waktu, dan tempat.
  • Complication: pengembangan konflik atau pemunculan masalah pada cerita.
  • Resolution: penyelesaian konflik atau langkah yang diambil untuk merespons masalah.
  • Re-orientation: ungkapan – ungkapan penutup yang menunjukan berakhirnya suatu cerita. Re-orientation bersifat opsional atau tidak selalu ada pada narrative text.
  • Coda: perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran/ nilai moral yang bisa dipetik dari cerita.Coda juga bersifat opsional. 
C. Unsur kebahasaan.
Pada umumnya, narrative text memiliki unsur kebahasaan sebagai berikut:
  • Noun: pada umumnya kata benda (noun) digunakan sebagai kata ganti orang hewan, atau benda dalam cerita, misalnya stepmother, the dwarfs, carriage, dan lain-lain.
  • Past tensenarrative text menggunakan kata kerja bentuk lampau (verb 2), misalnya went, ate, met,dan lain-lain.
  • Time connective: merupakan kata penghubung waktu untuk mengurutkan kejadian, misalnya after, before, after that, dan lain sebagainya.
  • Action verbs: kata kerja yang menunjukan peristiwa atau kegiatan, misalnya stayed, climbed, wrote,dan lain-lain.
  • Saying and thinking verb: kata kerja yang menunjukan pelaporan atau ujaran, misalnya said, told, thought, dan lain sebagainya.
Nah, itu dia guys penjelasan mengenai definisi, fungsi, struktur teks, dan juga unsur kebahasaan darinarrative text. Kalian bisa membaca satu contoh narrative text pada bacaan dibawah ini.
The Monkeys and The Cap Seller
Once, a cap seller was passing through a jungle. He was very tired and needed to rest. Then, he stopped and spread a cloth under a tree. He placed his bag full of caps near him and lay down with his cap on his head. The cap seller had a sound sleep for one hour. When he got up, the first thing he did was to look into his bag. He was startled when he found all his caps were not there.
When he looked up the sky, he was very surprised to see monkeys sitting on the branches of a tree, each of the monkeys is wearing a cap of on its head. They had evidently done it to imitate him. He decided to get his caps back by making a humble request to the monkeys. In return, the monkeys only made faces of him. When he begun to make gesture, the monkeys also imitated him.
At last, he found a clever idea. ” Monkeys are a great imitator,” he thought. So he took off his own cap and threw it down on the ground. And as he had expected, all the monkeys took off the caps and threw the caps down on the ground. Quickly, he stood up and collected the caps, put them back into his bag and went away.
Okay guys, itu dia salah satu contoh narrative text yang berjudul “The Monkeys and The Cap Seller”. Bagaimana ceritanya? Menarik bukan? Seperti yang kalian baca pada penjelasan diatas tadi, tujuan utama dari narrative text adalah untuk menghibur pembacanya. Apabila kalian tertarik untuk mempelajari jenis-jenis teks lainnya dalam Bahasa Inggris, yuk buruan gabung segera dengan English Café Bali. English Café Bali adalah tempat kursus Bahasa Inggris di Bali yang beralamat di Jalan Gunung Soputan 1 No.16A Denpasar atau kalian bisa mengubungi kami di nomor (0361) 481910.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar