Selasa, 08 Maret 2016

Contoh teks eksposisi tentang bunga sepatu dan kupu-kupu

Bunga Sepatu dan Kupu-Kupu



Struktur teks eksposisi
                           Kalimat
Tesis
Bunga sepatu adalah bunga berwarna merah, tak memiliki bau, namun sangat indah untuk dipandang oleh siapapun yang melihatnya. Bunga sepatu memiliki nektar, sehingga membuatnya banyak dihinggapi oleh kupu-kupu nan cantik. Kupu-kupu itu hinggap untuk menghisap nektar yang ada pada bunga sepatu.Kupu-kupu merupakan serangga yang tergolong ke dalam Ordo Lepidotera atau serangga bersayap sisik (lepis,sisik dan pteron,sayap), serangga terbang yang menghisap nektar dari bunga. Kupu – kupu biasa menghisap nektar yang berada di bunga sepatu, mawar, anggrek, dll. Tujuan dari penghisapan nektar tersebut adalah sebagai pembantu penyerbukan bunga sepatu. Jika kupu – kupu tidak melakukan penyerbukan, bunga akan layu dan akhirnya mati. Dari bunga sepatu dan kupu – kupu terdapat suatu hubungan yang dinamakan simbiosis.
Argumentasi
Kembang sepatu dan kupu – kupu merupakan contoh simbiosis  mutualisme karena kupu – kupu dapat menghisap nektar pada kembang sepatu dan kembang sepatu dapat melakukan penyerbukan akibat ada nya kupu – kupu yang hinggap. Kupu – kupu dapat membantu kembang sepatu dalam penyerbukan karena saat hinggap di bunga ini kupu – kupu menjatuh kan serbuk sari ke kepala putik oleh karena itu terjadi lah penyerbukan.Kupu-kupu dapat hinggap diatas bunga karena kupu-kupu menghisap nektar yang terdapat pada bunga dengan cara mendirikan sayapnya sebagai alat untuk menjaga keseimbangan tubuh.Selain itu,kembang sepatunya segar  karena dirawat dengan baik dan sering dihinggapi kupu-kupu,dan kembang sepatunya indah sehingga membuat kupu-kupu menjadi tertarik.Sayap kupu-kupu  yang indah dan warna nya yang menarik membuatnya sangat indah.
Penegasan ulang
Dengan begitu , kupu-kupu dan kembang sepatu saling menguntungkan,kupu-kupu menghisap nektar pada bunga sepatu,dan bunga sepatu dapat melakukan penyerbukan.Dengan demikian, hubungan antara kupu-kupu dan bunga sepatu saling menguntungkan atau hubungan mutualisme.Oleh karena itu,kita harus melestarikan kupu-kupu dan bunga sepatu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar