Rabu, 09 Maret 2016

Contoh Hewan OVIPAR,VIVIPAR, OVOVIVIPAR

Hewan OVIPAR
Ovipar, yaitu perkembanganbiakan dengan cara bertelur. embrio hewan ini berkembang didalam telur dengan memanfaatkan cadangan makanan yang ada di dalam telur, sedangkan telur berada di luar tubuh induknya. agar menetas, telur biasanya dierami. 
Contoh hewan ovipar adalah ikan, amfibi, dan burung.



        











Hewan VIVIPAR
Vivipar, yaitu perkembanganbiakan dengan cara melahirkan. embrio ini berkembang di dalam tubuh iduknya dan mendapatkan makanan dari tubuh induknya melalui plasenta. setelah embrio atau anak hewan ini cukup umur akan dikeluarkan dari tubuh induknya atau dilahirkan. 
Contoh hewan vivipar adalah mamalia, misalnya kambing, kucing, kuda , kelinci, paus, dan lumba-lumba.

    














Hewan OVOVIVIPAR
Ovovivipar, yaitu perkembanganbiakan hewan dengan cara bertelur beranak. embrio hewan ini berkembang di dalam telur yang masih berada di dalam tubuh induknya. setelah cukup umur, anak hewan menetas dan keluar dari tubuh induknya sehingga tampak seperti melahirkan. 
Contoh hewan ovovivipar adalah, hiu, ular boa, dan kadal.
    










Hydra ( /ˈhaɪdrə/) adalah genus dari hewan air tawar kecil. Hydra juga merupakan hewan pemangsa yang termasuk dalam filum cnidaria dan kelas hydrozoa. Hydra banyak ditemukan di air tawar yang bersuhu tropis dan tidak tercemar. Hydra juga termasuk hewan multiseluler yang memiliki tubuh berbentuk tabung. Panjang tubuhnya diperkirakan 10milimeter. Hydra hanya dapat dilihat menggunakan mikroskop dan tidak bisa dilihat dengan kasat mata.

amoeba,ukurannya yang amat kecil menjadikan kita tak mampu melihatnya dangan mata telanjang.Ia adalah organisme satu sel dengan ukuran tubuh 800-800 mikron.Dalam ilmu biologi,Amoeba termasuk protozoa,organisme hewan tingkat paling rendah.
Kendati hanya bersel satu,namun amoeba memiliki seluruh fungsi makhluk hidup.Ia bisa bergerak,makan dan mencerna makanan,serta berkembang biak.Semua dilakukan  oleh satu sel saja tampa mengalami tumpang tindih.Bagaimana sebuah sel tampa otak mampu mengatur dirinya??

Amoeba tidak memiliki bentuk yang tetap.Ia tidak memiliki rangka.Tubuhnya hanya dibatasi oleh lapisan membran tipis.Ia bergerak dengan cara mwmanjangkan salah satu bagian tubuhnya yang laim.


10 komentar: