Selasa, 08 Maret 2016

CANDI DI JAWA TENGAH

Jawa Tengah (terutama daerah Magelangdan Yogyakarta) dahulu adalah daerah pusat kerajaan Medang (Mataram Kuno) sebelum dipindahkan Mpu Sindok ke Jawa Timur. karena adanya letusan Gunung Merapi pada abad ke-9 SM. Itulah kenapa rata2 candi dari abad ke 7-9M banyak di Jawa Tengah dan candi2 dari abad ke 10 M ke atas banyak berada di Jawa Timur. Berikut ini beberapa candi di Jawa Tengah.

Candi Borobudur, (Magelang) – Buddha


Candi Prambanan (Klaten) – Hindu
Nama asli kompleks candi Prambanan adalah Siwagrha (artinya “Rumah Siwa”) dan memang di ruang utama candi ini bersemayam arca Siwa Mahadewa setinggi tiga meter. Candi ini adalah termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO dan merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia sekaligus yang terindah di dunia.

 
Candi Sukuh (Karanganyar, Solo) – Hindu
Candi2 di Karanganyar memiliki keistimewaan, selain dibangun di lokasi yg tinggi (Gunung Lawu), bentuknya jg menyerupai piramida. Khusus di Candi Cetho, terdapat relief dan patung bertema pornografi. 

Candi Lawang (Cepogo, Boyolali)
Seperti yang tampak pada foto, bagian tubuh candi yang tersisa hanya pintunya saja. Mungkin karena itulah candi ini disebut lawang (pintu).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar