Selasa, 08 Maret 2016

Alat Transportasi Tradisional dan Modern

Alat Transportasi Tradisional

Walaupun saat ini alat transportasi sudah semakin canggih, namun alat transportasi tradisional masih digunakan di negara kita. Hampir di setiap daerah di Indonesia ini memiliki alat transportasi tradisional, khususnya di daerah pinggiran kota. Berikut beberapa alat transportasi tradisional.

§  Delma
Delman merupakan kendaraan yang ditarik oleh kuda. Delman masih digunakan sebagai alat transportasi hingga detik ini. Kita bisa menemukan delman di Bandung, Yogyakarta, Kuningan, Magelang dan di daerah lainnya. Bentuk delman berbeda-beda. Begitu pula dengan namanya. Walaupun demikian, delman biasanya beroda dua dan terbuat dari kayu serta memiliki dua baris kursi penumpang dengan bentuk terbuka tanpa ada kaca. Hanya diberikan pelidung pada atapnya. Saat ini delman tidak hanya digunakan sebagai alat transportasi. Namun dijadikan pula sebagai kendaraan wisata untuk berkeliling di suatu tempat wisata.

§  Becak
Becak merupakan alat transportasi roda tiga yang dikemudikan oleh manusia dengan kayuhan seperti sepeda. Becak ini tidak hanya ditemukan di Indonesia tapi juga di negara Asia lainnya seperti India, Pakistan atau Cina. Di beberapa daerah di Indonesia, khususnya di daerah perkotaan, becak seringkali dilarang beroperasi karena alasan kemanusiaan dan menimbulkan kemacetan.






§  Perahu sampan
Perahu sampan merupakan alat transportasi tradisional yang digunakan di sungai yang dikayuh dengan kayuhan tangan manusia. Biasanya digunakan untuk menyeberangi sungai. Di Kalimantan, kita akan menemukan perahu sampan bernama klotok. Alat ini menggunakan mesin dengan dua bagian tempat untuk penumpang (di bawah dan di atap agar bisa melihat pemandangan).









Alat Transportasi Modern
Saat ini di negara-negara maju sudah menggunakan alat transportasi modern yang canggih baik untuk kendaraan pribadi maupun untuk angkutan masa. Transportasi modern ini sudah menggunakan mesin dalam pengoperasiannya sehingga lebih cepat sampai dan menghemat waktu.
Contoh alat transportasi modern yang ada di darat antara lain :


Mobil,















Motor,















Kereta Api.















Transportasi modern di air terdiri dari
Perahu Bermotor Atau Kapal.















Sedangkan untuk transportasi modern udara berupa
Kapal Terbang Atau Pesawat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar